Inilahcom Menuju DKI 1

Sandi Yakin tak Terlibat Kasus Penipuan

HAPPY KARUNDENG   Kamis, 18 Januari 2018 19:05 WIB
Sandi Yakin tak Terlibat Kasus Penipuan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - (Foto: inilahcom)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, membantah terlibat kasus dugaan penipuan dan penggelapan tanah yang menyeret rekan bisnisnya Andreas Tjahjadi.

"Saya yakin Haqul yakin saya tidak terlibat dalam tindakan melawan hukum dan itu udah dibuktikan dan ini murni perdata," katanya usai diperiksa sebagai saksi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (18/1/2018).

Dengan demikian, dia berjanji apabila keterangannya diperlukan kembali, maka dia akan memenuhi panggilan polisi. Sebab, sebagai warga negara harus patuh terhadap hukum.

"Seandainya ada pertanyaan lain karena ada laporan lagi yang masuk untuk kasus yang sama juga oleh orang yang sama juga kemungkinan seandainya diperlukan lagi, saya akan hadir lagi berusaha kooperatif," ujar dia.

Diketahui sebelumnya, pemeriksaan terkait pelaporan yang dilakukan Djoni Hidajat atas kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang ke Polda Metro Jaya, tersangka Andreas Cahyadi menyebut nama Sandiaga terkait kasus tersebut.

Djoni Hidajat sebagai rekan bisnis Sandiaga, melaporkannya Andreas atas dugaan penggelapan tanah, terkait pelepasan aset PT Japirex, perusahaan yang bergerak di bidang rotan.

Saat itu Sandiaga menjabat sebagai Komisaris Utama. Sedangkan rekan bisnisnya, Andreas Tjahjadi, sebagai Direktur Utama PT Japirex.

Lalu, pada 1992, perusahaan tersebut dilikuidasi. Aset-asetnya pun terpaksa dijual. Sedangkan Djoni Hidajat mengklaim lahan yang dijual itu adalah miliknya. Atas kejadian penjualan aset itu. Djoni melaporkan Andreas dan Sandiaga atas dugaan penggelapan tanah. [ind]