Inilahcom Menuju DKI 1

Jokowi Gelar Rapat Soal Pembangunan UIII

AHMAD FARHAN FARIS   Kamis, 18 Januari 2018 15:21 WIB
Jokowi Gelar Rapat Soal Pembangunan UIII
(Foto: Inilahcom)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas mengenai pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Istana Negara pada Kamis (18/1/2018).

Rencananya, kampus peradaban Islam itu dibangun di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

"Betul (rapat soal pembangunan UIII), betul," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Istana Negara.

Namun, Aher belum mau menjelaskan terkait adanya kabar untuk membangun kampus peradaban itu akan menggusur rumah Cimanggis.

"Nanti deh, rapatnya saja belum," ujar pria yang akrab disapa Aher ini.

Untuk diketahui, rencana pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia ini sempat menimbulkan pro dan kontra lantaran mau menggusur bangunan bersejarah Rumah Cimanggis.

Rumah Cimanggis merupakan peninggalan kolonial Belanda yang berdiri sejak 1778 di kawasan Kompleks RRI RT 1/1 Kelurahan Cisalak, Sukamajaya.

Rumah itu pernah disinggahi Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus van Der Parra. Kemudian, rumah itu dibangun untuk istri kedua Gubernur Van Der Parra yang bernama Yohana.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universits Islam Internasional Indonesia (UIII). Rencananya, pemerintah bangun kampus tersebut di Cimanggis, Depok, Jawa Barat dengan luas tanah 142 hektar. [ind]