Inilahcom Menuju DKI 1

Polda NTB Musnahkan 443 Jenis Barbuk

HAPPY KARUNDENG   Sabtu, 13 Januari 2018 23:04 WIB
Polda NTB Musnahkan 443 Jenis Barbuk
Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti - (Foto: Istimewa)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Mataram - Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti mengatakan pihaknya telah melakukan kegiatan pemusnahan barang bukti puluhan senjata rakitan yang disita sejak tahun 2017.

Ia menjelaskan, pemusnahan senjata rakitan dan sejumlah barang bukti sitaan lain digelar di Mapolres Bima dan dipimpin langsung oleh Kapolda NTB Brigjen Firli.

"Kegiatan digelar di halaman Mapolres Bima. Bupati, Dandim, kepala kejaksaan, ketua pengadilan dan sejumlah jajaran kami juga turut hadir menyaksikan pemusnahan barang buktinya," kata Tri Budi di Mataram, Sabtu (13/1/2018).

KIa menjelaskan total senjata rakitan yang dimusnahkan adalah sebanyak 57 unit. Selain itu, barang bukti berupa senjata tajam, senapan angin, anak panah, knalpot balap, juga turut dimusnahkan.

"Jadi jumlah keseluruhannya ada 443 barang bukti. Barang bukti yang dimusnahkan ini sebagian besar berasal dari masyarakat Kabupaten Bima dan Bima Kota, yang sudah secara sukarela menyerahkan kepada kami," ujarnya.

Karena itu Kapolda NTB dalam kegiatan tersebut, jelasnya, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah secara sukarela menyerahkan barang yang dapat membahayakan keselamatan jiwa orang lain ini kepada pihak kepolisian.

"Dengan ini, Kapolda NTB menilai bahwa masyarakat secara sadar sudah membantu dan mendukung peran kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban," ucapnya.

Ia mengaku Kapolda pun berharap kepada masyarakat yang masih menguasai barang berbahaya tersebut agar segera menyerahkannya kepada pihak kepolisian.

Karena jika kedapatan memiliki, menguasai, menyimpan, atau pun memperjualbelikan barang ini, yang bersangkutan bisa dikenakan sanksi pidana, sesuai dengan aturan Undang-Undang Darurat Nomor 12/1951. [tar]