Inilahcom Menuju DKI 1

Jokowi Janji Bantu Renovasi Rumah Adat

RAY MUHAMMAD   Kamis, 16 November 2017 12:48 WIB
Jokowi Janji Bantu Renovasi Rumah Adat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Inilahcom)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah kepala suku serta tokoh adat tanah air di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11/3017) pagi.

Jokowi mengaku gembira dirinya dapat bertatap muka dengan para kepala suku serta tokoh adat yang senantiasa menjaga kekayaan budaya Indonesia.

"Keragaman suku, agama, adat istiadat dan budaya merupakan kekayaan, anugerah dari Tuhan. Ini patut disyukuri. Data yang ada di kami, Indonesia mempunyai 714 suku. Jumlah yang kalau kita bandingkan dengan negara lain adalah sangat besar. Paling dekat, misalnya Singapura. Saya tanya ke kedubes, ada empat suku di Singapura, kita 714 suku," tuturnya.

Jokowi kemudian bercerita kalau dirinya juga bertanya kepada Presiden Afganistan Ashraf Ghani mengenai jumlah suku yang ada di negaranya.

"Terakhir ketemu dengan Presiden Afganistan, ada tujuh suku di sana, Indonesia 714. Jadi tidak bisa dibandingkan, karena kita ini sangat besar sekali," ucapnya.

Presiden RI pun mengaku bangga dengan banyaknya jumlah keraton dan lembaga adat yang ada di Indonesia. Bahkan, menurutnya jumlah keraton di Indonesia paling banyak dibandingkan negara lainnya.

"Banyak sekali keraton, lembaga adat kita. Saya tidak tahu, sekarang keraton kita ada berapa? Kalau yang masih utuh ada 43. Lainnya tidak tahu. Ada negara yang tidak punya keraton. Kalaupun punya cuman satu sampai dua. Kita? 43. Lembaga adat juga banyak yang kita miliki. Ada 29 lembaga adat yang kita miliki. Kekayaan yang seperti ini yang terus saya sampaikan ke menteri agar selalu kita jaga," paparnya.

Pada kesempatan ini, Jokowi menjanjikan untuk membantu renovasi rumah adat kepada para kepala suku dan tokoh adat yang hadir dalam pertemuan ini.

"Kalau misalnya ada rumah adat untuk renovasi, pemerintah sekarang mempunyai anggaran untuk renovasi itu. Kalau rumah adat yang kira-kira anggarannya tidak banyak, bisa ke Kemendikbud. Kalau untuk keraton yang (anggarannya) gede, silahkan ke Menteri PUPR. Insyaallah kita siap untuk merenovasi rumah-rumah dan lembaga adat akan kita jaga," ujarnya.

Jokowi lalu menyampaikan ucapan terimakasihnya atas peranan para kepala suku dan tokoh adat yang senantias menjaga serta memelihara adat istiadat serta budaya bangsa ini.

"Sekali lagi, pemerintah siap memfalilitasi setiap hal yang berkaitan dengan adat istiadat dan budaya, seperti renovasi rumah adat. Jangan sampai kita kehilangan kekayaan budaya kita. Kekayaan itulah yang nanti akan bisa mensejahterakan negara dan bangsa Indonesia," katanya. [rok]