Inilahcom Menuju DKI 1

Jokowi Ingatkan Indonesia Negara Besar

RAY MUHAMMAD   Kamis, 16 November 2017 12:22 WIB
Jokowi Ingatkan Indonesia Negara Besar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Inilahcom)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menungkapkan antusiasmenya dapat bersilaturahmi bersama Pengurus Pusat dan Daerah Ormas Al-Irsyad Al-Islamiyah di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11/2017) pagi.

"Hari ini Alhamdulillah, kita bisa silaturahmi dan tadi disampaikan beliau bahwa yang hadir di sini dari Sabang sampai Merauke. Ada yang dari Papua," kata Jokowi.

Ia mengaku ingat adanya keinginan pimpinan dari ormas tersebut agar Jokowi bersedia datang jika diundang dalam acara yang digelar Al-Irsyad Al-Islamiyah.

"Saya ingat betul, setiap Pak Abdullah Jaidi (Ketum PP Al-Irsyad Al-Islamiyah) kami undang ke Istana, beliau menyampaikan keinginan agar saya bisa bersilaturahmi dengan seluruh jajaran pengurus Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Saya sampaikan Insya Allah, saya siap (datang) kapanpun kalau saya diundang," ujarnya.

Kepala Negara pun mengetahui bahwa ormas ini merupakan organisasi yang sudah lama berdiri di Indonesia, yakni sejak tahun 1914.

Di usia eksistensinya yang telah mencapai 103 tahun, lanjutnya, Al-Irsyad Al-Islamiyyah menurutnya merupakan ormas yang memiliki kiprah banyak dalam bidang dakwah, kesehatan dan pendidikan di tanah air.

"Saya juga kenal baik Al-Irsyad Al-Islamiyyah di Solo. Saya enggak tahu teman saya hadir atau tidak, Pak Bisyir hadir. Dulu dekat sekali dengan beliau, sewaktu saya Wali Kota. Di Solo, Al-Irsyad Al-Islamiyyah saya kira SD (sekolah dasar) disana sangat terkenal sekali karena kualitas pendidikannya," paparnya.

Pada kesempatan ini, Jokowi pun menyampaikan bahwa perlu diingatkan kepada semua pihak mengenai besarnya Indonesia yang terdiri dari 17.000 pulau, 714 suku dan 1.100 lebih bahasa daerah.

"Indonesia adalah negara besar dengan penduduk sekarang terakhir, data yang saya terima penduduk kita 258 juta," ucapnya.

Presiden RI mengungkapkan, hal ini selalu disampaikannya setiap menghadiri berbagai pertemuan internasional bersama kepala-kepala negara lain.

"Selalu saya ulang-ulang di mana-mana karena kita sendiri tidak sadar dengan itu. Ini adalah anugerah Allah yang diberikan kepada kita. Selalu saya sampaikan itu, banyak yang kaget, banyak yang kaget," katanya.

Di akhir sambutannya, Jokowi pun membuka acara Muktamar Ormas Al-Irsyad Al-Islamiyah yang tahun ini digelar di Bogor. "Dengan mengucap Bismillah, saya buka Muktamar Al-Irsyad Al-Islamiyyah di Bogor," ucapnya. [ton]