Inilahcom Menuju DKI 1

Jokowi Dinilai Sudah Bangun Iklim Ekonomi RI Baik

Rabu, 15 November 2017 22:04 WIB
Jokowi Dinilai Sudah Bangun Iklim Ekonomi RI Baik
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang menjanjikan bagi investor untuk berinvestasi di tengan kondisi ekonomi global yang belum pulih seutuhnya dan masih diliputi ketidakpastian.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Peneliti senior pada Lembaga Riset Inspect, Ahmad Ma'ruf mengatakan, tren lokomotif ekonomi dunia dewasa ini yang telah bergeser ke negara berkembang.

Kelompok negara tersebut terbukti menjadi yang paling aktif melakukan perbaikan di sisi ekonominya, terutama sejak krisis keuangan 2008/2009 melanda.

Menurutnya dalam periode kepemimpinan Presiden Jokowi dari indikator makro ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi secara umum positif, bahkan bisa tumbuh diatas 5 persen.

Bahkan lanjut Ma'ruf, dari sisi ekspor impor tahun ini tercatat surplus, artinya ekspor lebih besar dari impor.

"Dari sisi stabilitas ekonomi dengan indikator inflasi angkanya mengalami penurunan tipis, artinya membaik namun, masih sekitar 3,5-4 persen masih perlu upaya perbaikan sehingga daya beli masyarakat membaik," ungkapnya saat dihubungi wartawan, Rabu (15/11/2017).

Klaim akan kualitas perekonomian Tanah Air pun tak cuma berasal dari Pemerintah saja. Mulai dari Presiden AS Donald Trump, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe hingga Bank Dunia pun melontarkan pujiannya pada perekonomian Indonesia.

Masih segar di ingatan ketika Trump berpidato di Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) pada Jumat (10/11/2017) lalu.

Seperti dikutip dari BBC, dia menyebut bahwa Indonesia selama berdekade-dekade telah berhasil membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola wilayah luas yang terdiri dari 13.000 pulau.

"Sejak 1990-an, rakyat Indonesia telah mengangkat diri mereka dari kemiskinan untuk menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di G20," katanya.

Pujian Trump tersebut pun diperkuat oleh ucapan Abe pada Minggu (12/14/2017). Kala itu dia melontarkan sanjungan bahwa iklim berbisnis Indonesia saat ini telah mencapai peningkatan yang pesat.

Adapun sebelumnya, dalam pidatonya saat menyampaikan laporan Ease Doing of Business (EoDB) 2017 pada 2016 lalu, Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves pun memuji langkah Indonesia dalam berinovasi memperbaiki iklim berbisnisnya.

"Pemerintah Indonesia telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kualitas lingkungan bisnis bagi sektor swasta, khususnya dalam tiga tahun terakhir," kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves, seperti dikutip dari paparan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertajuk Why Indonesia & Why NOW, Selasa (14/11/2017).[jat]