Inilahcom Menuju DKI 1

Sudirman Said Sebut JK Sejalan Soal Reklamasi

HAPPY KARUNDENG   Kamis, 2 November 2017 14:01 WIB
Sudirman Said Sebut JK Sejalan Soal Reklamasi
Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said (kanan) menyampaikan pendapatnya bersama Mantan Ketua MPR Amien Rais (kiri) dalam seminar di Komplek Parlemen, Jakarta. - (Foto: inilahcom)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Ketua Tim Sinkronisasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Sudirman Said, mengatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla sejalan dalam hal reklamasi Teluk Jakarta.

Saat menjabat Ketua Tim Sinkronisasi, ia mengatakan Anies-Sandi telah menginstruksikan dirinya mengkaji semua aspek untuk mencari jalan keluar yang bermanfaat terhadap pulau-pulau yang sudah dibuat.

"Jadi, yang disampaikan Pak Wapres itu konsisten dengan yang ada di pikiran Pak Anies dan Bang Sandi. Namun, bukan berarti seperti sekarang dalam pelaksanaan. Bukan dalam sarana komersial," katanya di Gedung DPR Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Ia mengatakan, Anies-Sandi menginginkan agar pulau hasil reklamasi yang telanjur ada dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Jakarta, bukan pemodal. Pulau yang telah dibuat tidak mungkin dibongkar lagi sehingga jalan keluarnya dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Jadi, asas manfaat harus ditegakkan untuk mereferensikan kepada aturan yang berlaku. Harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku," jelasnya.

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah pasti melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta. Namun, kelanjutan proyek itu hanya untuk menyelesaikan pulau buatan yang telanjur dibangun, yakni Pulau C dan D.

"Pemerintah juga tidak mengatakan akan melanjutkan. Namun, apa yang sudah dijalankan itu diteruskan. Saya kira Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sependapat dengan itu," kata Kalla. [rok]