Inilahcom Menuju DKI 1

Ketika Sandi Salah Sebut Sumpah Jabatan

RAY MUHAMMAD   Senin, 16 Oktober 2017 16:36 WIB
Ketika Sandi Salah Sebut Sumpah Jabatan
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno di Istana Merdeka, Jakarta Pusat - (Foto: Inilahcom/Ray)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017).

Adapun pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan pelantikan Gubernur DKI dan wakilnya oleh Deputi Administrasi Aparatur Sekrrtariat Negara melalui Keppres Nomor 83/P/ 2017 yang ditandatangani Jokowi pada 14 Juli 2017.

Setelah itu prosesi pelantikan berlangsung melalui pembacaan sumpah jabatan. Ada momen tak terduga saat pembacaan sumpah berlangsung.

Entah grogi atau tidak, Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno salah mengulangi kalimat yang disampaikan Jokowi pada pertengahan sumpah jabatan.

Saat itu, Jokowi mengatakan, "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Negara Indonesia...."

Sandiaga malah mengatakan, "....memegang teguh Undang-Undang Republik Indonesia." Hal ini pun membuat Jokowi mengulang kembali ucapannya.

Setelah diulang, Sandiaga pun mengulangi apa yang disebut Jokowi dengan benar. Ia tak lagi mengatakan 'Republik' melainkan 'Negara' seperti yang tertera dalam sumpah jabatan. [ton]