Inilahcom Menuju DKI 1

HNW: Anies-Sandi Harus Kawal Reklamasi

AHMAD FARHAN FARIS   Jumat, 13 Oktober 2017 17:40 WIB
HNW: Anies-Sandi Harus Kawal Reklamasi
Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid - (Foto: inilahcom)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid mengatakan program 100 hari Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI setelah dilantik nanti yang harus dikawal yaitu proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta.

"Yang perlu dikawal betul agar beliau betul-betul melaksanakan janjinya terkait program 100 hari termasuk beberapa yang sekarang ini sudah jadi bagian dari yang dituntut masyarakat, salah satunya terkait konsistensi menolak reklamasi," katanya di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Menurut dia, memang penting beliau untuk konsistem kemudian memposisikan diri pada posisi yang tepat dimana itu aspirasi rakyat agar dikembalikan bahwa menjadi pemimpin itu amanah, apakah gubernur dan sebagainya.

"Memang harus selain kepercayaan rakyat juga melaksanakan peraturan perundang-undangan," ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Ia mengatakan kalau memang belum ada Peraturan Daerah (Perda) tentang reklamasi kemudian membiarkan terjadi reklamasi tentu menimbulkan pertanyaan. Sebab, Indonesia merupakan negara hukum bukan negara hukum rimba.

"Negara hukum adalah yang dikedepankan aturannya ada atau tidak, membolehkan atau tidak? Kalau aturannya belum ada dan tak membolehkan, ya jangan dilanjutkan dong. Karena itu, jangan dicabut moratorium. Karena itu apa yang disampaikan sebelumnya, menolak reklamasi, penting untuk tetap beliau istiqomah disana," tandasnya.[ris]