Inilahcom Menuju DKI 1

Sandiaga Dukung Penerapan Teknologi Tepat Guna

Senin, 7 Agustus 2017 19:12 WIB
Sandiaga Dukung Penerapan Teknologi Tepat Guna
(Foto: Istimewa)
SHARE
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno mendukung penerapan teknologi tepat guna untuk kemaslahatan rakyat Jakarta.

Pernyataan ini disampaikannya usai berkeliling beberapa stan dalam kegiatan Bekraf Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017). "Tadi saya lihat ada penemuan yang menarik sekali. Ada penemuan anak muda yang bisa menyuburkan lahan kering dengan sebuah pendekatan inovasi akar rumput. Nah ini yang akan kita dorong (di Jakarta)," kata Sandi.

Mantan ketua HIPMI ini cukup lama mengunjungi stan Inotek foundation yang juga dikenal sebagai yayasan inovasi teknologi indonesia. Beberapa penemuan yang dipamerkan Inotek antara lain biogas dispenser, dispotube (tempat sampah khusus alat medis) dan geopolymer block (bahan bangunan dari limbah).

"Tadi ada booth dari Inotek yang kebetulan rekan saya, Pak Ilham dan saya sempat dorong kemudian sekarang sudah berkembang," ujar Sandi sembari tersenyum.

Sandiaga mengaku tertarik dengan penemuan geopolymer block yang dihasilkan Inotek. Bahan bangunan ramah lingkungan dan murah, sambungnya, menghadirkan alternatif selain semen dan lebih terjangkau secara ekonomi.

"Saya akan memperkenalkan inovasi bahan bangunan tadi kepada kontraktor besar, baik BUMN dan BUMD, maupun perumahan karena mereka memiliki kemampuan untuk kualitasnya tidak kalah dengan semen. Alangkah baiknya teknologi anak bangsa ini bisa juga digunakan," ujarnya.

Bersama Presiden ketiga RI BJ Habibie, Sandi berkeliling melihat berbagai inovasi anak bangsa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). "Kita harus terus berkarya. Pak Habibie dalam pembukaan tadi mengingatkan kita bahwa kita punya kelebihan dari segi bahasa yang semuanya sama yaitu bahasa Indonesia," kata Sandi.

Selain bahasa persatuan, Sandi mencatat dua komponen penting lainnya yaitu nilai-nilai luhur dan komitmen untuk NKRI. Ketiganya, kata Sandi, merupakan kekuatan penting bagi bangsa untuk terus maju dengan didukung pendalaman IPTEK.

"Dan Pak Habibie tidak lupa mendorong adanya komitmen terhadap iman dan takwa (IMTAK). Dengan keduanya, IPTEK dan IMTAK, kita yakini akan lahir karya karya terbaik bangsa dari Habibie Festival yang tahun ini disupport oleh Bekraf," tutupnya.

Kegiatan Bekraf Habibie Festival akan berlangsung selama satu minggu selama 7-13 Agustus 2017. Lebih dari 100 perusahaan akan berpartisipasi dalam seminar, workshop, forum diskusi, kompetisi dan pameran di gedung utama JIExpo Kemayoran. [*]